head

Bedah Paper

Minggu ini (2/12/13) T-Smart mengadakan acara kumpul rutin yang diisi oleh bedah paper. Apa itu bedah paper? Tentu ini tidak ada hubungannya dengan benda tajam atau organ tubuh, Namun dalam acara ini akan ditampilkan presentasi dari sebuah paper lalu mendiskusikannya. Paper yang dibedah berjudul "Strategi Pembiayaan Bank Syariah dalam Mendukung Keuangan Mikro Inklusif Bagi Sektor Mikro melalui Pendekatan ANP". Melihat judulnya saja mungkin kita sudah bingung, ini paper apa? Namun nanti kita tidak akan bingung karena akan dijelaskan oleh presenter. Yang membuat paper ini adalah Aisyah Putrina ang.9, Andi Irawan ang. 10 dan Bazari Azhar ang. 10. Paper ini alhamdulillah mendapat juara 2 di Forum Riset Keuangan Syariah UIN Jakarta dan di SETY UGM. Yang akan menyampaikan presentasi pada Bedah Paper kali ini adalah Bazari Azhar ang. 10.


Inti dari paper tersebut adalah diawali dari keprihatinan bahwa baru 19% rakyat Indonesia yang bisa mengakses perbankan. Ini berarti bahwa bank masih bersifat ekslusif bukan inklusif. Hal ini mestinya bisa menjadi peluang bagi bank syariah untuk membutikan bahwa dirinya bisa lebih inklusif daripada bank konvensional. Namun ada hal-hal yang masih menjadi kendala bagi inklusifitas bank syariah. Diantaranya :Sulitnya Akses, Administrasi yang berbelit, rendahnya kualitas SDM, jaminan dan lainnya. Lalu strategi yang ditawarkan untuk memcahkan kendala tersebut yaitu: Inovasi produk finansial, memperbanyak cabang, hubungan antar bank, peningkatan SDM dan memperbanyak cabang. Melalui metode ANP penulis ingin mengetahui apa masalah dan strategi yang paling signifikan mempengaruhi persoalan ekslusifitas bank syariah. 


Presenter menyampaikan isi paper dengan baik. Walau dikarenakan para peserta yang hadir dari berbagai angkatan, terlihat ada yang bingung juga untuk mencerna apa yang disampaikan. Dalam sesi tanya jawab, para penanya pun banyak yang mengeluh dikarenakan belum terlalu mengerti. Namun tujuan utama dari bedah paper kali ini adalah upaya memperkenalkan sejak dini seputar dunia paper. Tentu sudah tidak aneh kalau anak EI setiap semester ada saja tugas paper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar